Contoh Surat Pengaduan Barang

Contoh Surat Pengaduan Barang ~ Contohsurat16.com. Selamat siang Sahabat pencari informasi dalam menyusun berbagai format surat yang berlaku Indonesia. Siang ini saya akan kembali membagikan contoh surat bisnis, seperti yang sudah saya bagikan beberapa waktu yang lalu yakni contoh surat pemberitahuan pengiriman barang. Jika Anda membutuhkan bisa langsung menuju postingan tersebut. Sedangkan contoh surat bisnis yang akan saya bagikan kali ini adalah contoh surat pengaduan barang. Jadi jika Anda berada di halaman ini untuk mencari informasi berkenaan dengan surat pengaduan/komplain barang. Mari simak terus tulisan berikut sampai selesai, karena disini saya akan memberikat informasi mengenai surat pengaduan barang tersebut berikut dengan contohnya.

Pengertian Surat Pengaduan Barang

Setiap barang yang kita beli tidak menutup kemungkinan adanya kerusakan pada barang tersebut. Terlebih lagi jika pembeliannya dilakukan secara tidak langsung atau harus melalui proses pengiriman terlebih dahulu. Pada proses pengiriman tersebut, sangat rentan terjadi kerusakan pada barang yang kita pesan. Tentu sebagai pembeli kita tidak bisa menerima keadaan barang yang sudah rusak tersebut bukan. Maka dari itu kita harus melakukan pengaduan atau komplain terhadap barang yang rusak tersebut dengan cara mengirimkan surat pengaduan barang ke pihak penjual.

Surat pengaduan barang adalah surat yang dikirim oleh pembeli kepada penjual untuk memberitahukan keadaan barang yang dikirim serta untuk menuntut hak atas kerugian yang diakibatkan oleh proses pengiriman atau lain sebagainya yang muncul pada barang yang sudah dipesan.

Cara Membuat Surat Pengaduan Barang

Hal pokok yang harus dimuat dalam surat pengaduan adalah informasi mengenai barang yang sudah dikirim yang meliputi, deskripsi barang, jumlah, bukti pengiriman dan keterangan kerusakan yang terjadi. Adapun susunan atau bagian-bagian dari surat pengaduan barang adalah sebagai berikut :

1. Kepala surat
2. Tempat dan tanggal
3. Nomor surat
4. Perihal
5. Lampiran 
6. Alamat atau orang yang dituju
7. Isi, yang meliputi deskripsi barang, jumlah dan keterangan kerusakan
8. Tanda tangan pembeli

Gambar Contoh Surat Pengaduan Barang

Dari sedikit penjelasan di atas, saya yakin Sahabat semua sudah mempunyai gambaran bagaimana format surat pengaduan barang bukan. Namun bagi yang belum tahu, mari sama-sama kita lihat pada contoh di bawah ini.

Contoh Surat Pengaduan Barang I

TOKO ELEKTRONIK UTAMA
Jln. Anggrek No. 24 Banda Aceh
Telp. (0651) 89765 Fax. 89765
===================================================================

Banda Aceh, 09 Mei 2016

Nomor   :  27/EU/V/2016
Hal         :  Pengaduan Kerusakan Barang
Lamp     :  1 (satu) lembar faktur

Kepada
PT. JAYA UTAMA
Jln. Melati No. 45
Jakarta

Dengan hormat,
Barang pesanan dari Saudara yang berupa :

1. 30 Unit Kulkas
2. 30 Unit Mesin Cuci
3. 40 Unit TV
4. 20 Unit Kipas Angin
5. 15 Unit AC

Telah kami terima. Atas pelayanan Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Pada waktu barang pesanan dibuka, kami sedikit kecewa karena ternyata terdapat 3 Unit Kaca TV yang pecah sehingga tidak dapat dijual.

Oleh sebab itu dengan sangat menyesal, kami menyatakan bahwa 3 unit TV yang pecah akan kami kembalikan, kami mohon Saudara mengirimkan 3 unit TV yang baru. Bersama ini pula kami lampirkan faktur pembelian barang tersebut untuk lebih mempermudah penyelesaian persoalan tersebut.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
TOKO ELEKTRONIK UTAMA


IRFAN MAULANA
Pemilik

Contoh Surat Pengaduan Barang II

TOKO MITRA JAYA
Jln. Siliwangi No. 35 Banda Aceh
Telp. (0651) 65435 Fax. 65435
===================================================================

Banda Aceh, 10 Mei 2016

Nomor    :  45/MJ/IV/2016
Hal          :  Pengaduan Kerusakan Barang
Lamp      :  1 (satu) lembar faktur

Kepada
PT BANGUN BERSAMA
Jln. Mawar No. 34
Jakarta

Dengan hormat,

Barang pesanan dari Saudara yang berupa 500 Sak Semen Merah Putih telah kami terima. Atas pelayanan Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Pada waktu barang pesanan dibuka, kami sedikit kecewa karena ternyata terdapat 47 Sak Semen yang bocor, sehingga tidak dapat dijual.

Oleh sebab itu dengan sangat menyesal, kami menyatakan bahwa 47 Sak Semen yang bocor akan kami kembalikan, kami mohon Saudara mengirimkan 47 Sak Semen pengganti yang masih utuh. Bersama ini pula kami lampirkan faktur pembelian barang tersebut untuk lebih mempermudah penyelesaian persoalan tersebut.

Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,
TOKO MITRA JAYA


IKRAM SYAHPUTRA
Pemilik

Demikianlah 2 contoh surat pengaduan barang yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini, semoga bisa mejadi tambahan referensi bagi Anda yang saat ini sedang menyusun surat pengaduan barang yang rusak tersebut. Dan jika surat yang saya bagikan di atas bermanfaat buat Sahabat semua, mohon kesediaannya untuk like dan share kepada teman-teman Anda yang lain. Apabila dibutuhkan, silahkan lihat juga contoh surat pemesanan barang. Barangkali surat tersebut juga bisa berguna untuk Sahabat semua. Terima kasih telah berkunjung dan salam sukses dari www.contohsurat16.com.

Mau Berlangganan Gratis Contoh Surat Terbaru Dari Kami?