Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah Sederhana

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah Sederhana ~ Contohsurat16.com. Bagi Anda yang ingin membeli sebuah rumah, tentu akan membutuhkan sebuah surat perjanjian jual beli rumah bukan? maka dari itu, di kesempatan ini, saya akan membahas sedikit tentang contoh surat perjanjian jual beli rumah. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa ada berbagai macam bentuk / format surat perjanjian jula beli rumah, seperti contoh surat jual beli rumah sederhana, contoh surat jual beli rumah dengan uang muka, contoh surat jual beli rumah sementara dan lain sebagainya. Surat ini termasuk dalam kategori surat perjanjian, sama halnya seperti yang sudah saya bagikan minggu yang lalu, yakni contoh surat perjanjian sewa menyewa rumah. Jadi jika Anda sedang mencari referensi untuk menyusun surat ini, silahkan simak terus halaman ini sampai selesai.

Pengertian Surat Perjanjian Jual Beli Rumah

Surat perjanjian jual beli rumah adalah surat yang dibuat oleh para pihak (Penjual dan Pembeli) untuk menerangkan hak dan kewajiban para pihak dalam transaksi jual beli rumah. Penjual berhak akan sejumlah uang sesuai harga rumah, sedangkan pembeli berhak untuk memiliki rumah tersebut. Dan dalam hal kewajiban, penjual berkewajiban menyerahkan rumah kepada pembeli, dan pembeli juga berkewajiban membayar sejumalah uang sesuai harga rumah tersebut.

Adapun tujuan dari pembuatan surat perjanjian jual beli rumah ini tidak lain adalah untuk melindungi para pihak dari perselisihan yang mungkin akan terjadi di waktu mendatang yang bisa menyebabkan kerugian dari salah satu pihak. Jadi dengan adanya surat perjanjian ini, diharapkan bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang mungkin terjadi kedepan.

Cara Membuat Surat Perjanjian Jual Beli Rumah

Dalam pembuatan surat perjanjian jual beli rumah, hal yang paling penting harus dimuat dalam surat adalah identitas kedua belah pihak dan butir-butir perjanjian. Sedangkan untuk susunan atau bagian dari surat ini adalah sebagai berikut :

1. Nama surat (Tuliskan dengan hufuf baku)
2. Identitas kedua belah pihak, yang meliputi :
    a. Nama
    b. Umur
    c. Pekerjaan
    d. Alamat
3. Butir-butir perjanjian yang disepakati kedua belah pihak
4. Tanda tangan kedua belah pihak
5. Tanda tangan saksi-saksi

Gambar Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah Sederhana

Dari penjelasan di atas, saya yakin Anda sudah mempunyai gambaran bagaimana membuat surat perjanjian jual beli rumah yang baik dan benar. namun jika penjelasan di atas dirasa belum cukup membantu Anda dalam menyusun surat tersebut, mungkin contoh di bawah ini bisa membuat Anda lebih paham cara membuat surat perjanjian jual beli rumah, jadi mari kita simak contoh di bawah ini.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah Sederhana

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH

Pada hari ini kamis tanggal 19 Mei 2016 yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama           : Suhaimi
Umur           : 45 Tahun
Pekerjaan     : Wiraswasta
Alamat          : Jln. Belok kanan, No. 33 Bogor

Sebagai penjual selanjutnya disebut pihak pertama, setelah mengadakan perjanjian jual beli dengan :

Nama           : Andika
Umur            : 37 Tahun
Pekerjaan      : PNS
Alamat           : Jln. Belok kiri, No. 21 Bogor

Sebagai pembeli selanjutnya disebut pihak kedua, isi perjanjian tersebut:

Pasal 1
Pihak kedua telah menyerahkan uang sebesar Rp. 100.000.000,00,-(seratus juta rupiah) sebagai penjualan sebidang tanah berikut bangunan di atasnya.

Pasal 2
Apabila kelak terjadi perselisihan atas sebidang tanah dan rumah tersebut kedua pihak berjanji tidak akan membawa perkara kemuka pengadilan, namun akan menyelesaikannya secara kekeluargaan.

Pasal Penutup
Perjanjian ini dibuat dengan penuh kesadaran tanpa paksaan dari pihak manapun dan dibuat rangkap dua dengan kekuasaan hukum.

Pihak Kedua                                                                        Pihak Pertama


Andika                                                                                 Suhaimi

Saksi-saksi
1. Bpk. Widianto       .................
2. Bpk. Surbekti        .................
3. Bpk. Budianto       .................

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah Dengan Uang Muka

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama        : Muhaimin
Alamat       : Jln. Anggrek, No. 12, Jakarta
Pekerjaan   : Wiraswasta

Selanjutnya di sebut pihak pertama (1)

Nama        : Alaidin
Alamat       : Jln. Widuri, No 43, Jakarta
Pekerjaan   : Wiraswasta

Selanjutnya disebut pihak kedua, mengadakan jual beli dengan ketentuan sebagai berikut.

Pasal 1
Pihak pertama (1) menjual kepada pihak kedua (2) satu unit rumah yang terletak di Jln. Anggrek, No. 12, Jakarta dengan harga Rp. 220.000.000 (dua ratus dua puluh juta rupiah).

Pasal 2
Pihak kedua membayar uang muka 70% saat penandatanganan surat perjanjian jual beli ini, sedangkan sisanya dilunasi sebulan setelah penandatanganan surat perjanjian jual beli ini.

Pasal 3
Pihak kedua berhak untuk menempati rumah yang dijual terhitung sejak penandatanganan surat penjualan jual beli ini.

Pasal 4
Jika pihak kedua membatalkan perjanjian di dalam waktu satu bulan sejak penandatanganan surat perjanjian ini, maka pihak kedua dikenakan denda 15% dari uang muka yang telah dibayarkan.

Pasal 5
Surat perjanjian ini berlaku sebagai kwitansi atau bukti pembayaran uang muka 70% di atas.

Pasal 6
Surat perjanjian ini dibuat rangkap dua pada kertas bermaterai Rp. 6000,00,- dan masing-masing mempunyai kekuatan hukum yang sama.

Jakarta, 20 Mei 2016
Pihak kedua                                                                        Pihak  pertama

                                           Materai Rp 6000,00

Alaidin                                                                                    Muhaimin

Saksi-saksi:
Sunarto     ....................
Zakaria      ....................
Abdullah   ....................

Demikianlah 2 contoh surat perjanjian jual beli rumah sederhana yang bisa saya sajikan untuk Anda pada kesempatan yang berbahagia ini, mudah-mudahan contoh surat di atas bisa menjadi tambahan referensi bagi Anda, khususnya bagi Anda yang saat ini sedang menyusun surat perjanjian jual beli rumah guna untuk mengadakan transaksi jual beli rumah. Jika surat di atas bermanfaat, silahkan like dan share juga ke teman-teman lain yang membutuhkan melalui tombol di bawah. Dan apabila diperlukan, silahkan lihat juga contoh surat perjanjian sewa mobil. Barangkali surat sewa mobil tersebut juga akan berguna untuk Anda semua. Terima kasih telah berkunjung dan salam sukses dari kami www.contohsurat16.com.

Mau Berlangganan Gratis Contoh Surat Terbaru Dari Kami?