Contoh Surat Pernyataan Nikah Sirih

Contoh Surat Pernyataan Nikah Sirih adalah judul postingan yang akan segera saya bagikan kali ini untuk anda para pengunjung setia blog ini. Namun sebelum itu, beberapa hari yang lalu saya sudah memberikan contoh surat pernyataan tidak terikat kontrak kerja. Apabila anda memang juga sedang membutuhkan surat tersebut, bisa langsung menuju postingan tersebut. Namun jika anda mencari contoh surat nikah sirih, anda sudah tepat berada di halaman ini, karena disini saya akan membagikan informasi berkenaan dengan cara membuat surat pernyataan nikah sirih berikut dengan beberapa contohnya.

Gambar Contoh Surat Pernyataan Nikah Siri dari Desa


Tidak bisa kita pungkiri bahwa sampai saat ini tidak sedikit oknum yang masih minat melangsungkan nikah siri. Ada berbagai motif dan alasan yang membuat mereka dalam melakukan kawin siri, di antaranya karena kurangnya biaya pernikahan, tidak mau ribet dengan pengurusan administrasi dan lain sebagainya.

Namun apapun alasannya, nikah siri itu tetap tidak akan dianggap ada oleh negara, walaupun dari segi Agama, nikah siri sah-sah saja untuk dilangsungkan. Di dalam surat pernyataan nikah sirih, ada isi yang menyatakan "jika dikemudian hari terdapat hal-hal yang tidak di inginkan maka saya bersedia untuk diproses secara hukum menurut perundang-undangan yang berlaku". Lalu apakah anda sudah siap berurusan dengan penegak hukum?

Jika anda sudah terlanjur melangsungkan nikah siri dan sekarang ingin mengurus buku nikah agar mendapat pengakuan oleh hukum dan undang-undang, maka ada syarat-syarat tertentu yang harus anda penuhi. Salah satu syaratnya ialah Anda diharuskan untuk membuat surat pernyataan nikah yang diketahui oleh Ketua RT setempat yang dibuktikan dengan tanda tangan Ketua RT tersebut. Ini baru tahapan awal, selanjutnya akan diproses untuk melengkapi persyaratan ke tahapan berikutnya.

Cara Membuat Surat Pernyataan Nikah Sirih

Dari segi susunan atau bagiannya, surat nikah sirih sama dengan surat pernyataan pada umumnya. Adapun susunan atau bagian-bagian dari surat nikah sirih adalah sebagai berikut :

1. Nama Surat
2. Identitas Suami (yang membuat pernyataan)
3. Identitas Istri
4. Isi pernyataan
5. Penutup
6. Tanda tangan yang menyatakan, saksi-saksi dan Ketua RT setempat.

Dari uraian di atas sedikitnya kita sudah tahu bagaimana format surat pernyataan nikah sirih. Namun supaya lebih jelas, berikut ini sudah saya siapkan beberapa contoh surat pernyataan nikah sirih yang mungkin akan berguna bagi anda untuk dipergunakan sebagai bukti bahwa pernikahan sirih yang anda langsungkan diketahui oleh ketua RT setempat dan untuk tindak lanjut untuk pembuatan buku nikah.

Contoh Surat Pernyataan Nikah Sirih

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                 : Martono
Tempat/Tgl lahir  : Jakarta, 27 April 1986
Umur                 : 30 tahun
Pekerjaan          : Wiraswasta
Alamat              : Jln. Suryono No. 57 Jakarta pusat. 

menyatakan bahwa :

Nama                 : Murni
Tempat/Tgl lahir  : Bandung, 15 Januari 1990
Umur                : 25 tahun
Pekerjaan         : Petani
Alamat             : Jln. Suryono No. 57 Jakarta pusat.

adalah istri sah saya yang sudah saya nikahi secara sah menurut hukum dan syari’ah Islam pada tanggal 23 Agustus 2016 dalam keadaan sadar dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Dan jika dikemudian hari terdapat hal-hal yang tidak di inginkan, maka saya bersedia untuk diproses secara hukum menurut undang-undang yang berlaku serta tidak akan melibatkan pihak manapun.

Jakarta, 26 September 2016

   Saksi I                                                   Saksi II                                   Yang Menyatakan


(Mulyono)                                               (Sumarno)                                        (Martono)

Diketahui,
Ketua RT. 001 (nama RT)


(Ali Subandono)

Baca juga : Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Diatas adalah salah satu contoh surat pernyataan nikah sirih, sedangkan untuk surat keterangan nikah sirih bisa anda simak di bawah ini.

Contoh Surat Keterangan Nikah Sirih dari Desa

Kop Surat Kelurahan/Desa
======================================================================

SURAT KETERANGAN
Nomor : 0470.III-06/SK/VII/2016

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Irfandi, SH, jabatan sebagai Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat (Kaur Kesra) Kelurahan/Desa ABC, Kecamatan ABC, Kota/Kabupaten ABC. Dengan ini menerangkan dengan benar dan sesungguhnya bahwa seseorang yang disebutkan dibawah ini:

Pada hari ini, Kamis tanggal 29 September 2016 telah melaksanakan Akad Nikah Siri dengan seorang dibawah ini:

Yang diwaleni oleh H. Abdul Rahman

Bernama : Suharmi Melani Suriayani, dengan mas kawin berupa 15 gram emas dan seperangkat alat sholat dibayar kontan/tunai, sebagaimana tersebut dalam surat keterangan nikah siri yang dibuat Suharmi (mempelai laki-laki) pada tanggal 29 September 2016.

Demikian surat keterangan ini untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Kelurahan/Desa Abc
Hormat kami,


Irfandi, SH
Nip.

Demikianlah beberapa contoh surat nikah sirih yang bisa saya informasikan untuk anda pada kesempatan ini, semoga dapat berguna bagi anda yang sudah terlanjur melakukan nikah sirih dan ingin mendapatkan pengakuan dari negara dan juga sebagai syarat untuk membuat buku nikah. Jika contoh surat pernyataan di atas bermanfaat, silahkan like dan share kepada teman-teman kita yang lain. Dan apabila dibutuhkan, silahkan baca juga contoh surat pernyataan belum menikah. Terima kasih sudah singgah di blog contoh surat terbaru 2016 ini dan salam sukses dari www.contohsurat123.com.

Mau Berlangganan Gratis Contoh Surat Terbaru Dari Kami?