Contoh Surat Kuasa Penjualan Tanah

Contoh Surat Kuasa Penjualan Tanah merupakan contoh surat terbaru 2016 yang akan saya bagikan hari ini untuk anda, khususnya yang sedang mencari referensi dalam membuat surat kuasa penjualan tanah warisan maupun tanah milik orang lain. Namun sebelum itu, pada postingan yang telah lalu saya juga sudah membagikan contoh surat kuasa pengambilan uang di bank, jika dibutuhkan bisa langsung menuju postingan tersebut. Namun jika anda sedang mencari contoh surat kuasa menjual tanah, maka tetaplah di halaman ini karena di bawah ini akan saya bagikan sedikit informasi mengenai surat kuasa penjualan tanah berikut dengan contohnya.

Gambar Contoh Surat Kuasa Penjualan Tanah


Tanah adalah sebuah asset atau kekayaan yang kita miliki, baik itu didapatkan dari hasil warisan atau dari hasil jerih payah kita sendiri, yang cenderung memiliki harga terus meningkat dari masa ke masa. Peningkatan harga jual ini tentu membuat sebagian pemilik tanah berniat untuk menjual tanahnya. Menanggapi hal ini, pemerintahpun juga mengatur tentang tata cara jual beli tanah, seperti salah satunya adalah membuat surat perjanjian jual beli tanah, dan bagi pemilik tanah yang tidak bisa menjualnya sendiri karena alasan tertentu, diharuskan untuk membuat surat kuasa penjualan tanah.

Surat kuasa penjualan tanah tersebut adalah sebuah surat yang berisi persetujuan dari pemberi kuasa untuk menyerahkan sebuah wewenang yang tertera dalam surat tersebut kepada penerima surat kuasa. Dalam hal ini pemilik tanah memberi kuasa kepada seseorang untuk menjual tanhanya. Seperti yang kita ketahui semua, bahwa surat kuasa ini merupakan sebuah surat yang sifatnya sangat pribadi, yang ditandatangani langsung oleh yang bersangkutan. Dimana surat kuasa ini keberadaannya sangat penting di dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam hal menjual sebidang tanah.

Bila anda hendak atau berniat menjual sebidang tanah, akan tetapi anda berhalangan atau mempunyai suatu alasan sehingga anda tidak bisa menjual secara langsung kepada pembeli tanah tersebut, maka anda bisa membuat surat kuasa kepada ahli keluarga atau kerabat yang anda percayai. Dimana surat kuasa tersebut mempunyai kekuatan hukum yang dibuat dengan sebenarnya atas kesadaran pemberi kuasa tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun dan ditandatangani atas materai.

Cara Membuat Surat Kuasa Penjualan Tanah

Dalam membuat surat kuasa penjualan tanah yang baik dan benar sahabat harus menggunakan bahasa yang baku dan penulisan yang sesuai dengan aturan yang berlaku, mengingat pentingnya surat kuasa ini jadi identitas yang akan ditulis dalam surat tersebut harus benar dan cukup jelas.

Adapun susunan dalam membuat surat kuasa penjualan tanah tersebut diantaranya:

1. Identitas pemberi kuasa yang lengkap (Nama, Tempat Tanggal Lahir, Pekerjaan dan Alamat)
2. Identitas penerima kuasa yang lengkap (Nama, Tempat Tanggal Lahir, Pekerjaan dan Alamat)
3. Pernyataan telah memberikan kuasa yaitu dari pemilik tanah beserta gambaran tanah yang akan di jual, mencakup nomor dokumen kepemilikan tanah, luasnya serta alamat letak tanah tersebut.

Dari penjelasan di atas, sedikitnya kita sudah tahu bagaimana format surat kuasa penjualan tanah yang baik dan benar. Dan aya yakin anda juga sudah bisa membuatnya sendiri, namun jika masih bingung dalam membuat surat kuasa penjualan tanah tersebut, langsung saja diperhatikan 2 contoh yang sudah saya siapkan dibawah ini.

Contoh Surat Kuasa Penjualan Tanah Warisan

SURAT KUASA

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                        : Teuku Amin
Tempat/Tanggal Lahir : Ujung Bate, 5 Agustus 1975 Aceh Besar
Pekerjaan                 : Pegawai PT Andalas
Alamat                      : Jln. Cempaka Merah, No. 12 Kec. Ujung Bate Aceh Besar

Maka dengan ini memberi kuasa penuh kepada:

Nama                        : Ansori
Tempat/Tanggal Lahir : Blang Krung, 4 Januari 1985 Aceh Besar
Pekerjaan                 : Pegawai Negri Sipil (PNS)
Alamat                     : Jln. Ujung utama, No 86 Kec Ujung Bate Aceh Besar

Untuk menjual tanah kepada pihak lain, dengan harga dan syarat-syarat yang telah di tetapkan sendiri oleh penerima kuasa atas sebidang tanah Hak Milik, dengan Nomor 654789 seluas 950 m2 (Sembilan ratus lima puluh meter persegi) yang terletak di Jln. Ujung Utama Kec. Blang Krung Aceh Besar.

Demikianlah surat kuasa ini saya perbuat dengan sebenarnya, agar dapat dipergunakan seperlunya.

Pemberi Kuasa                                                                       Penerima Kuasa

(Materai 6000)

Teuku Amin                                                                             Ansori

Contoh Surat Kuasa Penjualan Tanah dan Bangunan

SURAT KUASA

Yang bertandatangan dibawah ini:

Nama                        : Amir Rauf
Tempat/Tanggal Lahir : Peukan Bada, 3 Januari 1977 Aceh Besar
Pekerjaan                 : Pegawai Negri Sipil (PNS)
NIK                          : 200035476521
Alamat                     : Jln. Kampong Baro, No. 20  Kec. Peukan Bada Aceh Besar

Dengan ini member kuasa penu kepada saudara:

Nama                        : Khaidir Ali, MA
Tempat/Tanggal Lahir : Darussalam, 30 April 1980 Banda Aceh
Pekerjaan                 : Dosen
NIK                          : 3001014338780
Alamat                     : Jln. Inong Balee No. 86 Kec. Syiah Kuala Banda Aceh

Untuk mengurus proses penjualan tanah dan bangunan kepada pihak lain dengan harga dan syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh penerima kuasa atas sebidang tanah dengan sertifikat Hak Milik Nomor 078654 dengan luas tanah 650 m2 (enam ratus lima puluh meter persegi) yang terletak di Desa Darussalam Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh.

Dalam segala hal yang ditimbulkan dari penyerahan kuasa ini yang sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab saya.

Demikianlah surat kuasa ini saya buat dengan sebenarnya dan dalam keadaan sadar tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun agar dapat digunakan semestinya.

Aceh Besar, 30 Oktober 2016

Pemberi Kuasa                                                                      Penerima Kuasa

(Materai 6000)

(Ameer Rauf)                                                                         (Khaidir Ali, MA)

Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan kepada sahabat di sore hari ini, dan semoga 2 contoh surat kuasa penjualan tanah yang baik dan benar di atas tersebut dapat memberi gambaran kepada sahabat semua dalam membuat sebuah surat kuasa. Jangan lupa di share kepada kawan-kawannya kita yang lain ya. Sebagai tambahan, silahkan baca juga contoh surat panggilan kerja, barangkali juga akan berguna untuk anda. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga tanah yang hendak anda jual bisa laku secepatnya dan tanpa ada suatu masalah. Salam sukses dari www.contohsurat16.com.

Mau Berlangganan Gratis Contoh Surat Terbaru Dari Kami?